LIKE Fanspage Facebook Propinsi Madura

Rabu, 15 Februari 2012

Warga 5 Desa di Bangkalan Rawan Tanah Longsor

Bumi Madura - Hujan deras yang seringkali terjadi menyebabkan sejumlah desa rawan longsor di Bangkalan, Madura. Bahkan di beberapa titik tanah longsor sudah mulai mengancam bangunan rumah milik warga setempat.


Salah satu titik tanah longsor terjadi di desa Durin Timur, kecamatan Konang, Bangkalan. Kawasan di dataran tinggi ini mulai tergerus derasnya air hujan. Sedikitnya sudah dua hektar tanah yang amblas terkena longsor dengan kedalaman sekitar 35 meter.

Lokasi tanah longsor ini sangat berdekatan dengan pemukiman warga. Bahkan satu rumah dan musolla milik warga terancam roboh karena berada pas di bibir tanah longsor. Bukan hanya rumah warga, sebuah jembatan dan jalan yang menjadi penghubung antar desa sudah rusak akibat longsor. Dari pantauan di lapangan, warga hanya bisa melakukan langkah seadanya yakni dengan membuat jalan darurat.
Sementara untuk menghindari longsor susulan dan menahan agar areal longsor tidak makin luas, warga melakukan penguatan tebing tanah dengan memasang penahan dari bambu secara swadaya.

Dari catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Bangkalan, setidaknya terdapat lima desa yang rawan terjadinya longsor di musim penghujan tahun ini. Kelima desa tersebut adalah, desa Konang, Durin Timur, Sen Asen, Gelis Dejeh dan desa Kanigara yang terletak di kecamatan Konang.
Warga Melewati Jalan Darurat Bekas Tanah Longsor

“Kami meminta agar warga di 5 desa tersebut ekstra waspada. Terutama jika sedang terjadi hujan deras”, ujar Wahid Hidayat, salah seorang petugas BPBD kabupaten Bangkalan saat ditemui di lokasi melihat langsung kondisi tanah yang longsor.

Sementara itu, warga berharap agar pemerintah setempat segera melakukan langkah tepat dan cepat untuk mengantisipasi semakin meluasnya tanah lonsor ini. (Mad Topek)

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Posting Komentar