LIKE Fanspage Facebook Propinsi Madura

Kamis, 26 April 2012

Ritual Mandi Bersama Pasca UNAS di Pantai Camplong Madura

Bumi Madura - Banyak cara dilakukan oleh sekolah dan para siswanya untuk menghilangkan kepenatan pasca ujian nasional (UNAS atau UN) SMP yang berakhir hari ini. Salah satunya adalah menggelar sujud syukurserta mandi di pantai secara bersama-sama. Seperti halnya yang terlihat di SMPN 1 Camplong, Sampang, Madura.

Dengan dipimpin oleh seorang guru, para siswa menggelar doa bersama dan sujud syukur di halaman sekolah mereka, kamis siang (26/04/2012). Usai berdoa, ratusan siswa ini kemudian menuju ke pantai Camplong yang terletak sekitar 100 meter dari sekolah. Disinilah ritual mandi bersama masih lengkap dengan seragam mereka dilakukan oleh para siswa tersebut.
Dengan rasa senang dan gembira, mereka pun saling memercikkan air laut ke badan dan wajah teman mereka, termasuk pada guru yang ikut berbaur mandi bersama mereka. Wajah ceria terlihat. Beban berat selama ujian pun seakan hilang.

Menurut para siswa, selain bentuk syukur dan senang karena sudah tuntas melaksanakan UNAS, hal ini dilakukan sebagai bentuk relaksasi atau menenangkan diri dengan media air laut. Gunanya, untuk menghilangkan rasa stress dan pikiran penat setelah 4 hari berkutat dengan ketegangan mengerjakan soal ujian.
“Setelah ujian, otomatis kita penat, mas. Ya untuk melepas kepenatan itu kita mandi di laut”, ujar Bagus Dwi Atmoko, salah seorang siswa. “Ya, setidaknya, kini kami lega sudah melewati salah satu tahapan terberat dalam hidup kami, mas”, lanjut pelajar bertubuh subur tersebut berkelakar sambil tersenyum senang. Tentu para siswa ini selanjutnya berharap, hasil ujian mereka akan memuaskan agar bisa memilih sekolah SMA favorit nantinya. (Mad Topek)

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Posting Komentar